My site HomeSign UpLog In
Home » Articles » Artikel Hasil Kajian » Artikel PHW

Budaya Membaca (Part 2) : Help Yourself, Help Others

Mengetahui urgensi membaca kemudian akan memancing kepada dua hal. What to do and how to do it?  Budaya bangsa yang besar ini harus terus dibangun melalui budaya baca. Bagaimana caranya menjadikannya sebagai budaya? Start with yourself, jadikan ini budaya. Bantu dirimu agar dapat membantu orang lain juga. First,you need to identify yourself : What would you love to read? Apakah membaca hal-hal yang kamu sukai bisa membantu kamu mencintai kegiatan yang satu ini?

Setelah itu kamu bisa mencoba beberapa tips dibawah untuk memaksimalkan kegiatan seru yang satu ini. Here we go!

Tips :

  • Buatlah target membaca, seperti target One Month One Book. Buat tabel buku apa yang sudah kamu baca bulan lalu dan apa yang sudah kamu baca bulan ini. Ada baiknya kamu juga menentukan buku apa yang ingin kamu baca bulan depan agar kamu bisa menyesuaikan dengan jadwalmu (Bulan depan uas/ujian blok, ada acara besar di kampus dan kamu coordinator acara, kakak sepupu mau nikah jadinya kamu harus bantu-bantu, bisakah kamu tetap mengalokasikan waktumu menghabiskan Inferno?). Langkah kecil ini bisa berarti banyak dalam meningkatkan produktivitasmu membaca.

 

  • Do not start or end the day without reading : Sesuaikan jadwal membaca dengan keseharianmu. Kalau kamu bukan tipe morning person, mungkin ada baiknya buatmu membaca di malam hari (Psst! Otak biasanya menyimpan informasi yang ia terima menjelang istirahat, so book is definitely a good choice) karena buku dapat membantumu lebih relaks dan mudah tertidur. But reading book before starting your day is also a brilliant idea! Ini akan membantumu mendapatkan lebih banyak inspirasi dan menyegarkan harimu.

 

  • Buat waktu minimal membaca buku : Tidak banyaknya kemajuan yang kita lakukan dalam membaca buku terkadang karena kita tidak menargetkan berapa yang harus kita baca setiap harinya. Berapa banyak kemajuan yang kamu peroleh dengan membaca selembar perhari novel setebal 1300 halaman? Mulailah 10 menit setiap harinya untuk membaca (and no phones, text, twitter or anything thorough this time ya!) dan tingkatkan perlahan hingga 30 menit per hari atau sesuai targetmu. Jangan lupa juga mengetahui kecepatan membacamu, akan membantu efisiensi waktu.

 

  • Bawa buku kemanapun kalian pergi : Siapa yang tau dosen pembimbingmu datang terlambat, teman makanmu masih terjebak macet padahal kamu sudah duduk manis di tempat kalian janjian? Buku bisa menjadi alternative yang tepat untuk mengahbiskan waktu menunggu tanpa membuatmu mati gaya (Psst! and by reading book, none even a second in your life is wasted).

 

  • Investasikan uang saku 10% per bulan untuk membeli buku yang kalian targetkan! Beberapa dari kita mungkin beralasan tidak memiliki buku untuk dibaca (But hey! You know the nearest library and have friends who love to read, no?) atau mungkin bagi kalian pengguna gadget-gadget keren, e-book bisa dijadikan solusi. Ada beberapa link yang menyediakan e-book free!

Pada akhirnya komitmen kalian untuk mengaplikasikan yang akan menghasilkan keberhasilan. Setelah berhasil, tidak ada salahnya menyarankan teman terdekat dan keluarga untuk juga melakukan hal yang sama. So are you ready to help yourself and help others? ;)

Category: Artikel PHW | Added by: ISMKIWIL3 (07.14.2014)
Views: 59 | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar
Monday, 11.19.2018, 2:55 AM
Site menu
Section categories
Artikel PHW [61]
Artikel Institusi [0]
Log In
Search
Site friends
  • Create a free website
  • uCoz Community
  • uCoz Textbook
  • Video Tutorials
  • Official Templates Store
  • Best Websites Examples
  • Statistics

    Total online: 1
    Guests: 1
    Users: 0
    Copyright MyCorp © 2018Create a free website with uCoz