My site HomeSign UpLog In
Home » Articles » Artikel Hasil Kajian » Artikel PHW

Hari Anak Nasional – Mari bermain, Belajar dan Tumbuh Bersama Indonesia!

“Setiap dari kita adalah anak kecil yang tumbuh, bukankah begitu?”


Perkataan diatas sempat membuat penulis berpikir ulang, menggali memori dan menyadari bahwa pada dasarnya kita memang adalah anak-anak kecil yang dengan dorongan waktu dan keadaan tumbuh dan berkembang menjadi orang dewasa. Beberapa dari kita mungkin bahkan mencoba menyangkali kenyataan bahwa masa kecil kita yang berbahagia (tidak ada jadwal kuliah sampai jam 5 sore, tidak ada deadline ini-itu, tanpa pacar yang sukanya overprotektif – to be precise, an almost 0 social pressure condition) akan segera berakhir, memasuki tahun-tahun atas perkuliahan dengan segala cerita yang ia tawarkan. Tetapi masa bahagia yang kita miliki iitu, pernahkah kita terpikir apakah hal yang sama masih dirasakan anak-anak sekarang?

Mungkin masih banyak dari kita yang dapat mengingat jelas, sepeda pertama kita, lagu dan buku dongeng favorit, ice cream kesukaan, boneka atau mobil Tamiya kesayangan, teman-teman masa di taman kanak-kanak dan semua hal lain yang menyenangkan itu, tapi pernahkah kita terpikir tentang keberuntungan anak-anak masa kini yang mungkin tidak sebahagia kita? Perayaan hari anak nasional jatuh pada tanggal 23 Juli sesuai dengan keputusan presiden No. 44 th.1984 diadakan dengan tujuan untuk mengingatkan kita, para orang dewasa untuk selalu menghormati hak-hak yang seharusnya didapatkan seorang anak dimasa kanak-kanaknya.


Belakangan jika kita memperhatikan, ada banyak hak anak yang dilanggar, dengan begitu banyak kasus yang menimpa anak mulai dari kasus malboro boys, kasus pelecehan seksual terhadap anak, trafficking, hingga kasus kekerasan fisik baik yang diderita akibat maupun dilakukan oleh anak. Padahal dalam UU No.23 tahun 2002 tentang perlindungan anak negara telah menyatakan janjinya untuk melakukan upaya perlindungan dan mewujudkan kesejahteraan anak dengan memberikan jaminan terhadap pemenuhan hak-haknya dan perlakuan tanpa diskriminasi, memberikan kesempatan yang sama pada setiap anak Indonesia dimana saja, untuk menggapai cita-citanya.

Anak sebagaimana sejak ia masih berupa hasil pembuahan telah memiliki hak untuk hidup yang sama seperti kita semua sehingga setiap dari mereka berhak mendapatkan perlakuan yang tidak dibeda-bedakan. Setiap anak Indonesia sesuai dengan Undang-undang diatas haruslah mendapatkan apa yang telah menjadi hak mereka, merasakan awal masa kehidupan mereka dengan bahagia dan menyenangkan, menikmati masa kanak-kanak dengan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, akses air bersih, tempat tinggal yang layak, istirahat yang cukup dan semua yang menunjang pertumbuhan optimalnya. Adapun kesehatan yang baik ini telah menjadi haknya sejak didalam kandungan, berhak pula ia mendapatkan ASI dan imunisasi lengkap agar masa keemasan pertumbuhannya berjalan sempurna.


Anak adalah seorang pribadi yang utuh yang bukanlah milik siapapun termasuk orang tuanya, oleh sebab itu ia harus diberikan kebebasan untuk bermain dan dididik serta dibina dengan cara yang menyenangkan yang membuatnya jatuh cinta terhadap pendidikan itu sendiri. Menikmati masa kanakkanak dengan mendapatkan waktu bermain, kesempatan mengenyam pendidikan hingga setinggi-tingginya, mendapatkan kasih sayang dari kedua orang tua maupun lingkungannya dan terbebas dari ketakutan. Pemenuhan hak-hak anak ini untuk mendapatkan setiap kebutuhannya tentulah bukan hal yang akan mudah direalisasikan, maka setiap orang di negara ini, tanpa terkecuali harus mulai berpartisipasi dalam proses panjang pemenuhan dan pelindungan hak-hak ini agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal menjadi anak Indonesia yang sehat, berpendidikan tinggi, pintar, dan berkelakuan baik karena memperhatikan mereka berarti kita sedang berinvestasi atas masa depan bangsa ini. 

Category: Artikel PHW | Added by: ISMKIWIL3 (07.23.2014)
Views: 80 | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar
Monday, 11.19.2018, 2:56 AM
Site menu
Section categories
Artikel PHW [61]
Artikel Institusi [0]
Log In
Search
Site friends
  • Create a free website
  • uCoz Community
  • uCoz Textbook
  • Video Tutorials
  • Official Templates Store
  • Best Websites Examples
  • Statistics

    Total online: 1
    Guests: 1
    Users: 0
    Copyright MyCorp © 2018Create a free website with uCoz