My site HomeSign UpLog In
Home » Articles » Artikel Hasil Kajian » Artikel PHW

Hikmah Profesi yang Mulia

            Kajian subuh pagi ini memberikan sebuah hikmah bagi calon profesi saya kelak, yaitu insyaAlah menjadi dokter. Jika membicarakan profesi dokter maka banyak yang mengatakan profesi ini sangat mulia bila dijalani dengan penuh dedikasi. Profesi yang setiap saat akan berhubungan langsung dengan manusia lain dan kebanyakan berkaitan dengan membantu orang lain dalam kesusahannya. Tentu hal tersebut berlaku untuk semua bidang kedokteran, baik dokter umum maupun spesialis dalam bidangnya masing-masing.

            Seperti hal nya lafal sumpah dokter yang akan diucapkan dengan lantang dan dipegangnya sepanjang hayat sebagai seorang dokter juga menunjukkan letak kemuliaan profesi ini. Berikut beberapa kalimat dalam sumpah dokter tersebut:

                        “Saya akan membaktikan hidup saya guna kepentingan perikemanusiaan.

                        Kesehatan penderita senantiasa saya utamakan.

                        Saya akan menghormati setiap hidup insani mulai dari saat pembuahan.

            Sekalipun diancam saya tidak akan menggunakan mempergunakan pengetahuan Kedokteran saya untuk sesuatu yang bertentangan dengan hukum perikemanusiaan.”

            Tentu beberapa kalimat sumpah dokter tersebut sudah menggambarkan kemuliaan profesi ini jika dilaksanakan dengan penuh dedikasi. Selain kemuliaan profesi dokter kita juga sering mendengar kalimat bahwa “Dokter itu satu kaki nya ada di neraka dan satu kaki lainnya berada di surga, tergantung bagaimana kita menjalankan profesi kita”. Dalam kajian subuh pagi ini saya mendapatkan jawaban yang sejalan dengan penyampaian saya diatas melalui janji Allah SWT dalam Al Qur’an. Meski ayat yang dikaji tidak spesifik membahas sebuah profesi tapi jika kita simak ayat berikut ini kita dapat mengambil suatu hikmah.

            “ Oleh karena itu, Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil bahwa barang siapa yang membunuh manusia, bukan karena orang itu(membunuh) orang lain, atau bukan karena melakukan kerusakan di muka bumi, maka seakan akan dia telah membunuh manusia seluruhnya, dan barang siapa yang memelihara kehidupan seorang manusia , maka seolah olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya, dan sesungguhnya telah datang kepada mereka Rasul rasul Kami dengan membaa (keterangan) yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan di muka bumi. “ QS Al Maidah: 32.

            Peringatan Allah SWT kepada kaum Bani Israil ini juga harus menjadi hikmah bagi profesi dokter yang mulia. Bahwa Allah SWT menyatakan “barang siapa yang memelihara kehidupan seorang manusia , maka seolah olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya”. Begitu besar kesempatan kita untuk mendapatkan banyak nikmat dari pekerjaan saya kelak sebagai dokter nanti, dengan membantu mengupayakan kesehatan seorang manusia Allah SWT menyetarakan dengan memelihara kehidupan manusia seluruhnya, Subhannallah. Maka menjadi terserah kita kelak bagi calon dokter di masa depan, bagaimana kita akan memanfaatkan kesempatan menjalankan profesi kita. Apakah kita akan menjalankannya dengan hina seperti contoh beberapa kasus dokter yg terlibat dalam klinik abortus ilegal, dimana Allah SWT menyamakan tindakan membunuh seorang manusia tanpa alasan sama saja membunuh manusia seluruhnya. Pilihan ini tentu membuat kaki dan seluruh diri kita lebih dekat ke neraka kelak. Atau kita memilih menjadi dokter yang mulia, yang menjalankan profesi ini dengan penuh dedikasi yang menghormati dan senantiasa mengupayakan kesehatan kehidupan manusia. Tentu pilihan terakhir inilah yang akan mendekatkan kaki dan diri kita kedalam kemuliaan hidup di dunia dan akhirat kelak. Wallahu’alam bishawab.

            

Category: Artikel PHW | Added by: ISMKIWIL3 (05.03.2014)
Views: 66 | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar
Monday, 11.19.2018, 2:55 AM
Site menu
Section categories
Artikel PHW [61]
Artikel Institusi [0]
Log In
Search
Site friends
  • Create a free website
  • uCoz Community
  • uCoz Textbook
  • Video Tutorials
  • Official Templates Store
  • Best Websites Examples
  • Statistics

    Total online: 1
    Guests: 1
    Users: 0
    Copyright MyCorp © 2018Create a free website with uCoz