My site HomeSign UpLog In
Home » Articles » Artikel Hasil Kajian » Artikel PHW

Kawal UKT

Setelah ada diskusi umum yang dimotori oleh bem km unmul, yang mengajak semua bem fakultas untuk bergabung menyampaikan aspirasi langsung kepada pembantu dekan II (keuangan) setiap fakultas dan pembantu rektor II bidang keuangan, turunlah putusan dari rektorat yang mengijinkan mahasiswa yang tergabung dalam BEM tiap fakultas untuk langsung memantau pelaksanaan validasi UKT. Validasi yakni penentuan kategori UKT mahasiswa baru.

Berhubung dengan UKT, advokasi dapat masuk. Baik bagi penurunan UKT yang dirasa tidak pas, maupun penaikan kategori UKT dengan pertimbangan tertentu. Untuk itu dua orang dari perwakilan BEM FK Unmul ikut memantau kegiatan ini. Satu orangnya adalah pengurus BEMF dari deparemen kastrat. Meninjau validasi ini, ternyata banyak yang perlu di kritisi. Entah sistemnya yang salah, atau data mahasiswa barunya yang salah. Alhasil dari peninjauan kami, banyak mahasiswa baru naik kategori UKT. Namun tetap ada pengajuan penurunan kategori UKT, dengan mengajukan pertimbangan tertentu dan apabila memang data yang diberikan valid, maka kami dari BEMF membantu penurunan UKT tersebut.

Melihat senyum lega orang tua yang dapat ikut mengantarkan langsung, maka kami dari BEMF ikut bahagia bisa membantu, namun ada beberapa juga yang tidak bisa terbantu, mengingat kemampuan materi yang dirasa bisa disanggupi orang tua mahasiswa baru tersebut.

Banyak indikator yang sinkron dengan sistem UKT itu sendiri, selain penghasilan orang tua, luas rumah, jumlah saudara, pekerjaan orang tua, kendaraan pribadi, foto rumah dan lain sebagainya. Semuanya itu berkesinambungan, dan kami sebagai mahasiswa ikut mengerti bagaimana penentuan kategori dari sistem UKT ini. Tim Validator dari fakultas berusaha seadil-adilnya dalam memutuskan kategori UKT, namun kembali lagi pada mahasiswa baru tersebut, apakah mengisi data dengan jujur atau tidak, apakah menginput data mengada-ada atau tidak. Harapan kami sebagai perwakilan dari BEM yang membawa nama almamater dan kemahasiswaan yaitu mahasiswa diharapkan jujur akan dirinya sendiri, belajar untuk jujur mengisi data, dan menjaga attitude terhadap warga kampus lainnya. Karena kelak ketika resmi menjadi mahasiswa kita sama-sama akan menjadi keluarga dengan segala pergerakan kita, pemikiran kita, kreativitas dan prestasi kita.

Setelah selesai memantau validasi UKT ini, saya sebagai perwakilan BEMF iru sendiri menjadi tahu betapa beragamnya kita sebagai mahasiswa, namun keberagaman kita ini hendaknya menjadikan kit satu kesatuan sebagai mahasiswa yang bermartabat, yang baik segala tingkah lakunya.

Semoga ikutnya BEMF dalam mengawal UKT serta advokasinya ini dapat membantu adik-adik mahasiswa baru. Demi penerapan sistem yang seadil-adilnya, bukankah itu yang kita cari?

HIDUP MAHASISWA!

Category: Artikel PHW | Added by: ISMKIWIL3 (07.22.2014)
Views: 90 | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar
Monday, 11.19.2018, 2:55 AM
Site menu
Section categories
Artikel PHW [61]
Artikel Institusi [0]
Log In
Search
Site friends
  • Create a free website
  • uCoz Community
  • uCoz Textbook
  • Video Tutorials
  • Official Templates Store
  • Best Websites Examples
  • Statistics

    Total online: 1
    Guests: 1
    Users: 0
    Copyright MyCorp © 2018Create a free website with uCoz