My site HomeSign UpLog In
Home » Articles » Artikel Hasil Kajian » Artikel PHW

Loyalitas dalam Organisasi

Berbagai latihan kepemimpinan menyuguhkan prinsip pengokohan kepemimpinan demi tercapainya pola pengorganisasian yang ideal. Pada saat awal tahun lalu, saya mengikuti suatu kegiatan di pondok pesantren selama dua hari. Tanpa sengaja, konten kegiatan itu membuka hati dan pikiran saya akan suatu hal yang keberadaannya sangat dibutuhkan, sosok-sosok yang meneruskan estafet kepemimpinan dan tonggak-tonggak pengokoh organisasi. Yang awalnya saya kira kemampuan organisasi hanya 'pembiasaan' ternyata tidak demikian, namun dibutuhkan loyalitas untuk menjalaninya, mungkin tidak hanya sekedar loyalitas, namun saya bilang ini 'cinta'.


10 Syarah Dasar Arkanul Bai’ah (Prinsip Dasar Dakwah)
1. Al-Fahmu (Paham) , adalah yakin bahwa fikrah (pandangan ) kita adalah fikrah Islami dan sahih. Anda harus memahami Islam sebagaimana diuraikan dalam ushul ‘isyrin.
2. Al-Ikhlash , setiap muslim, harus mengharapkan keridhaan Allah dan pahala dari semua ucapan, amal, dan jihad yang dilakukannya tanpa didorong oleh kepentingan pribadi, penampilan, kemewahan, pangkat, gelar, kedudukan dan yang lainnya.
3. Al-‘Amal , adalah buah dari ilmu dan ikhlas. ( A t- taubah 105 )
4. Al-Jihad , adalah kewajiban yang harus dilakukan terus menerus dan berkesinambungan sampai hari kiamat, seperti yang telah dinyatakan dalam hadist Rasulullah Saw: “ Barangsiapa yang mati (sedang) ia tidak pernah berperang dijalan Allah dan tidak pernah berniat untuk berperang (di jalan Allah), ia mati dalam keadaan jahiliah.”
5. At-Tadhhiah , adalah mengorbankan jiwa, harta, waktu, kehidupan dan semua potensi untuk mencapai tujuan. Di dunia ini tidak ada jihad tanpa pengorbanan. Setiap pengorbanan dalam memperjuangkan fikrah kita tidak akan sia-sia, bahkan mendapat pahala yang besar dan baik di sisi Allah SWT. Barangsiapa yang tidak mau berkorban bersama-sama kaum muslimin dalam melaksanakan jihad fi sabilillah akan berdosa dan akan menanggung segala akibatnya.
6. Ath-Tha’ah (Taat) , adalah menerima perintah dan melaksanakannya dengan cepat, baik di waktu senang atau sulit, terhadap hal-hal yang disukai atau dibenci.
7. Ats-Tsabat (Keteguhan), al akh senantiasa bekerja dan berjihad untuk mencapai tujuan, meskipun tujuan tersebut masih jauh bahkan memakan waktu bertahun-tahun sampai ia bertemu Allah Swt dan benar-benar berhasil memperoleh salah satu dari dua kebaikan : tercapainya tujuan atau mati syahid.
8. At-Tajarrud (Totalitas) , adalah membersihkan fikrah dari segala pengaruh ajaran dan tokoh lain.
9. Al-Ukhuwwah , Adalah mengikat hati dan ruh dengan ikatan aqidah, dan aqidah merupakan ikatan yang paling kokoh dan paling mulia. Ukhuwah adalah saudara iman, sedang perpecahan adalah saudara kekufuran. Kekuatan utama adalah kesatupaduan dan kesatupaduan tanpa adanya cinta. Derajat cinta yang paling rendah adalah hati yang selamat dari segala buruk sangka kepada saudara muslim lainnya. Derajat cinta yang paling tinggi adalah itsar.
10. Ats-Tsiqah, adalah tentramnya jundi (prajurit) kepada mas-ulnya dalam hal kemampuan dan keikhlasannya.

10 Hal diatas sebenarnya adalah prinsip dakwah, namun ketika prinsip itu diterapkan dalam kehidupan kita dalam menjalani apapun baik akademik, pekerjaan maupun organisasi maka aplikasinya akan menghasilkan sesuatu yang lengkap, perpaduan antar usaha, cinta dan pengorbanan. Saya ambil contoh dalam organisasi, untuk bisa melukiskan loyalitas terhadap organisasi akan didapati hal berikut, seperti merasa tentram berada dalam strukturnya, lalu bersama-sama mewujudkan visi yang ingin dicapai, contohnya dalam organisasi mahasiswa muslim ingin mewujudkan cita-cita keislaman, seluruh anggota bisa berkontribusi dan yakin bila menjalani bersama-sama akan bisa terlaksana.

Dengan disertai gerakan yang kokoh, kepemimpinan yang berwibawa, ketaatan anggota kepada pemimpin disertai dengan masukan inovasi, dan pola pengorganisasian yang rapi. Maka tujuan dari sebuah organisasi atau dalam lingkup kecilnya sebuah divisi InsyaAllah akan tercapai. Seperti kiat-kiat namun caranya lebih pembangunan yang sistemik disertai bekal 10 prinsip yang dikemukakan diatas. Ketika sudah merasa kenyamanan dalam berorganisasi atau hal lain yang dijalani selain organisasi dan menemukan keanggotaan dan kepemimpinan seperti yang dikemukakan di atas, maka kesimpulannya anda sudah bisa dibilang 'loyal' pada organisasi anda. Namun kembali lagi pada prinsip anda, sudah yakinkah anda demikian?

Category: Artikel PHW | Added by: ISMKIWIL3 (07.31.2014)
Views: 243 | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar
Monday, 11.19.2018, 2:56 AM
Site menu
Section categories
Artikel PHW [61]
Artikel Institusi [0]
Log In
Search
Site friends
  • Create a free website
  • uCoz Community
  • uCoz Textbook
  • Video Tutorials
  • Official Templates Store
  • Best Websites Examples
  • Statistics

    Total online: 1
    Guests: 1
    Users: 0
    Copyright MyCorp © 2018Create a free website with uCoz