My site HomeSign UpLog In
Home » Articles » Artikel Hasil Kajian » Artikel PHW

Mentoring : Taking Your (Very) First Step – Part 1

Bagi beberapa orang, kehadiran mentor dapat berarti besar dalam hidup mereka, seorang mentor dapat membantu mereka mencanangkan pilihan masa depan dan membantu mereka meraihnya. Tapi, apa saja yang diperlukan untuk memulai dan mendapatkan hasil yang terbaik dari sebuah proses mentoring?


Tahu apa yang kamu inginkan : Sangat penting untuk mengetahui apa yang kamu ingin pelajari, bukan sekedar apa yang ingin kamu raih. Sebagai contoh kamu ingin mempelajari cara belajar yang efektif dan bukan belajar “menaikkan IPK”. Buat perbandingan mengapa kamu ingin mempelajari cara belajar yang efektif dan apa konsekuensi dari keinginanmu itu. Mengetahui apa yang benar-benar kamu inginkan akan memudahkanmu memulai dan mendapatkan mentor serta hasil yang terbaik.


Pilihlah mentor yang tepat : Mentor yang tepat adalah orang yang akan concerned dengan karirmu dan berkomitmen memberikan waktunya kepadamu serta membantumu belajar. Memilih mentor yang tepat adalah salah satu kunci utama kesuksesan dalam program mentoring. Pikirkan juga apa yang ingin kamu capai dan kamu pelajari dari mentormu sebelum mulai mencari mentor. Apakah kamu ingin mempelajari cara berbicara didepan umum? Apakah kamu ingin belajar manajemen waktu? Selain itu kamu dapat menawarkan idemu dan lihat bagaimana mereka bereaksi terhadap ide ini. Ini adalah cara yang bagus untuk mengevaluasi seperti apa mereka ketika menjadi mentormu.


Bergaul dan temukan mentor yang sesuai bagimu : Bergaul jelas akan mempermudah mendapatkan pilihan mentor dan kamu akan memiliki pelbagai alternatif pilihan. Akan lebih baik lagi apabila kamu telah menentukan tipe mentor yang kamu inginkan, perbanyak pergaulanmu di lingkungan yang memungkinkanmu mendapatkan orang yang kamu cari, misal perkumpulan alumni. Datangi orang yang kamu kagumi dan jelaskan bahwa kamu mengagumi penilaian mereka dan ingin belajar dari mereka.
Tanyakan jika kamu bisa mendapatkan waktu untuk menanyakan dan mengonsultasikan berbagai hal dan mendapatkan jawabannya.


Usahakan memiliki lebih dari satu mentor : Mentoring bisa dilakukan dengan beberapa orang sekaligus dan memang ada baiknya memiliki lebih dari satu mentor, suatu "constellation of relationships" yang dapat membantumu dan memberikan nasihat serta arahan sesuai dengan kebutuhanmu. Semakin banyak mentor akan semakin banyak pula alternatif ide yang bisa kamu dapatkan dalam menyelesaikan masalahmu. Jangan batasi diri dengan hanya satu mentor. 

Category: Artikel PHW | Added by: ISMKIWIL3 (08.22.2014)
Views: 73 | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar
Wednesday, 05.23.2018, 6:01 AM
Site menu
Section categories
Artikel PHW [61]
Artikel Institusi [0]
Log In
Search
Site friends
  • Create a free website
  • uCoz Community
  • uCoz Textbook
  • Video Tutorials
  • Official Templates Store
  • Best Websites Examples
  • Statistics

    Total online: 1
    Guests: 1
    Users: 0
    Copyright MyCorp © 2018Create a free website with uCoz