My site HomeSign UpLog In
Home » Articles » Artikel Hasil Kajian » Artikel PHW

Negosiasi, dari Rumah Hingga Organisasi

Bagi mereka yang bertekun di dunia organisasi selama masa perkuliahan, negosiasi sudah sangat dikenal bahkan dalam banyak upgrading anggota, negosiasi dijadikan materi wajib mengingat pentingnya kemampuan ini bagi keberlanjutan organisasi. Negosiasi adalah dialog yang melibatkan dua atau lebih pihak yang menginginkan pencapaian kesepahaman, memecahkan hal yang menjadi perbedaan, untuk mendapatkan persetujuan dan mendapatkan kesepakatan akan suatu hal tertentu. Ada banyak hal dan kesempatan ketika kita harus menyelesaikan masalah dengan cara negosiasi. Negosiasi yang efektif akan membantu menyelesaikan situasi ketika terdapat dua atau lebih pihak yang memiliki keinginan saling bertentangan. Negosiasi terjadi dalam banyak tingkatan mulai dari pemerintahan, bisnis, organisasi, bahkan dalam kehidupan sehari-hari antara orang tua dan anak misalnya.

Negosiasi adalah seni yang walaupun terlihat sederhana pada kenyataannya sama sekali tidaklah sederhana. Sebagai contoh dalam bisnis saham ketika stock market sedang panik, maka kita harus membeli sehingga ketika pasar naik lagi dapat kita jual untuk mendapatkan keutungan yang lebih tinggi. Hal ini akan terlihat mudah namun sebenarnya dibelakang semua itu, ada seni yang bermain, dibelakangnya ada kerja keras, riset, kecerdasan membaca trend dan memprediksi (apakah saham yang kita beli berpotensi naik lagi? Seberapa besar? Bagaimana trend yang ada? Berapa kerugian yang mungkin akan kita derita?) atau bahkan menciptakan trend lalu mengaplikasikannya.

Ada berbagai teknik yang dapat dipergunakan dalam negosiasi, sebagai contoh apabila kita bernegosiasi dengan orang dalam transaksi yang mungkin hanya akan terjadi sekali (pembelian mobil/rumah) maka pendekatan “play hardball” bisa digunakan. Dalam pendekatan ini kita lah yang berusaha mendapatkan keuntungan walaupun itu berarti orang lain merasa kalah (pendekatan distributive). Teknik lain sebagai contoh menggunakan pendekatan integrative (win-win solution) ketika kita mencoba mencari penyelesaian yang dapat diterima oleh kedua pihak dan memberikan perasaan menang bagi kedua pihak.

 Dalam pendekatan secara general, pada negosiasi besar (berimplikasi banyak/memiliki kepentingan besar) beberapa hal ada baiknya dipertimbangkan sebelum negosiasi dimulai antara lain :

  • Tujuan : Tentukan apa yang kalian inginkan dari negosiasi ini? Apa yang menurut kalian diinginkan oleh pihak lain?
  • Hasil yang diharapkan : Apa yang mungkin diharapkan menjadi hasil akhir dari kesepakatan ini oleh orang-orang? Dalam kesepakatan seperti ini pada kesempatan sebelumnya apakah pernah mencapai keberhasilan?
  • Kekuatan : Siapa yang memiliki kontrol atas sumber daya yang diperebutkan (atau siapa yang memiliki batasan terhadap negosiasi ini)? Bagaimana bargaining position kalian dalam negosiasi ini?
  • Konsekuensi : Apa yang akan menjadi konsekuensi apabila kesepakatan tidak tercapai? Sepenting apakah kesepakatan ini?
  • Alternatif : Apabila kesepakatan tidak tercapai, apa alternatif yang kalian miliki? Seberapa besar kemungkinan alternatif ini akan berhasil? Apakah pihak lain juga memiliki alternatif?

 

Last but not least, beranikan diri dan yakinkan bahwa tidak ada kata tidak dalam negoasiasi ini, andalah yang akan menang, karena dalam banyak kasus mereka yang paling yakin akan berhasil yang biasanya memang berhasil dalam suatu proses negosiasi. Nah, good luck!

Category: Artikel PHW | Added by: ISMKIWIL3 (07.12.2014)
Views: 79 | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar
Wednesday, 05.23.2018, 6:00 AM
Site menu
Section categories
Artikel PHW [61]
Artikel Institusi [0]
Log In
Search
Site friends
  • Create a free website
  • uCoz Community
  • uCoz Textbook
  • Video Tutorials
  • Official Templates Store
  • Best Websites Examples
  • Statistics

    Total online: 1
    Guests: 1
    Users: 0
    Copyright MyCorp © 2018Create a free website with uCoz