My site HomeSign UpLog In
Home » Articles » Artikel Hasil Kajian » Artikel PHW

Perbandingan yang Terbaik!

Selamat malam

Lama tidak memainkan jari diatas tuts huruf yang besar-besar ini, karena laptopnya gedhe sih sebenarnya, hhe

Meminjam kata dari teman saya, kalau hari ini ini sudah masuk kriteria “gak ngerti lagi”, tiga kata yang tepat untuk menggambarkan hari yang penuh dengan hal-hal yang tidak terduga dan tentunya sulit untuk dimengerti. Pasti kalian juga ga ngerti ya ? hhe..

Tapi sekarang saya gak mau cerita tentang keadaan hari ini tapi tulisan ini terinspirasi dari seorang yang berkulit hitam yang ketemu saya pas ditempat makan nasi goreng Cak Sis tadi. Orangnya tinggi besar, dengan gelang perak tebal dipergelangan tangan kirinya, melihat wajahnya secara detail ada jambang halus kaya orang bule yang minggu kemarin habis potong jambang gitu, penampkan rambutnya sih sederhana, udah hamper tak berambut, gak perlu saya deskripsikan gak berambut itu bagaimana kan?

Bukan tentang orangnya juga yang akan saya paparkan, tapi ini tentang membandingkan, bukan rasis loh ya, membandingkan dengan saya tepatnya. Jadi tadi secara tak sengaja saya mengamati kulit tangan (ante brachium) saya dengan orang tersebut, dan ternyata kulit saya menjadi lebih putih dibandingkan dengan dia, padahal kalau diliat-liat kulit saya termasuk item juga. Yaa, menghibur diri sebentar lah ya tadi itu..

Terus saya merenung…kulit saya yang hitam akan kelihatan lebih putih didekat orang yang berkulit lebih hitam, dan pastinya kulit saya yang hitam akan semakin coklat akan lebih hitam kalau dibandingkan dengan seseorang yang berkulit putih. Iya, inspirasi untuk menulis ini mulai dari sini…saya mengambil kesimpulan, bahwa semuanya itu tergantung dengan rujukan perbandingan kita.

Oke, mari kita telusuri lebih jauh..orang yang memiliki tinggi 160cm akan menjadi-merasa-lebih tinggi jika berada di antara temannya yang memiliki tinggi 155cm. Kenapa bisa seperti itu ? karena perbandingan rujukan yang dia gunakan lebih rendah, sekarang bayangkan jika orang tersebut berada diantara temannya yang memiliki tinggi 170cm ? iya, pendek..tepat sekali. Karena perbandingan yang digunakan lebih tinggi diatas 165cm.

Terus kenapa kalau gitu ? apa gue sambil loncat ke danau harus bilang wow gitu ? bukan, sama sekali bukan, kalau bilang wow aja anda sudah pelit, bagaimana sisi kehidupan anda yang lainnya ?? oke kembali ke topic tulisan ini. Dalam kehidupan atau dalam masalah apapun, kita terjebak dalam hobi yang membuat kita sekarat dan merasa rendah, yaitu membandingkan dengan orang lain yang tidak sepadan dengan kita, itu kesalahan besar!

Membandingkan dengan orang lain yang lebih hebat dari kita, hanya akan membuat kita semakin terpuruk dan mengubur semua potensi kehidupan yang ada pada diri kita, padahal potensi itu tidak beda dengan orang lain. Coba kita berpikir sejenak untuk mengubah persepsi itu dengan membandingkan dengan orang yang lebih buruk dari kita, pasti kita akan merasa sangat beruntung dan bersyukur kepada yang maha Kuasa atas segala kenikmatannya, tetapi itulah sifat manusia.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang hentikanlah dan buang jauh-jauh sifat membandingkan dengan orang lain, karena cermin yang kita lihat menampilkan diri kita, bukan orang lain, jika kalian menginginkan betapa berharga hidup ini pilihlah bandingan yang tepat, karena ketika membandingkan dengan orang yang salah kalian akan merasa rendah-serendahnya dari kemampuan sesungguhnya, bandingkanlah dengan target! Bukan yang lain. Salam hangat!

 

 

Selasa, 13 November 2012 jam 23.46 WIB, di Lantai 3

Category: Artikel PHW | Added by: ISMKIWIL3 (11.13.2012)
Views: 69 | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar
Monday, 11.19.2018, 2:56 AM
Site menu
Section categories
Artikel PHW [61]
Artikel Institusi [0]
Log In
Search
Site friends
  • Create a free website
  • uCoz Community
  • uCoz Textbook
  • Video Tutorials
  • Official Templates Store
  • Best Websites Examples
  • Statistics

    Total online: 1
    Guests: 1
    Users: 0
    Copyright MyCorp © 2018Create a free website with uCoz