My site HomeSign UpLog In
Home » Articles » Artikel Hasil Kajian » Artikel PHW

Resensi Buku – Membangun Ruang Baca (Room to Read)

Membangun Ruang Baca (Room to Read) adalah buku kedua John Wood (buku pertamanya berjudul Leaving Microsoft to Change the World) dalam buku ini John, mantan petinggi Microsoft Asia berbagi cerita mengenai Room to Read, organisasi nirlaba yang ia bangun sejak 1998. Room to Read yang telah membangun lebih dari 10.000 perpustakaan dan ribuan sekolah di seluruh dunia ini bermula ketika John pergi untuk mendaki Himalaya pada liburnya di tahun yang sama ia mulai membangun organisasinya. Dalam buku ini John berbagi banyak cerita : alasan mengapa ia akhirnya memulai Room to Read (RtR), hibah-tantangan RtR yang khas, cerita-cerita unik para penerima manfaat RtR, tantangan selama ia menjalankan organiasasi ini dan bagaimana ia mengatasinya.

Room to Read yang mentargetkan negara-negara berkembang telah melakukan banyak terobosan dalam pergerakannya, salah satunya mengubah cara kerja organisasi nirlaba untuk bekerja secara efektif sebagaimana sebuah bisnis dan juga menjadi yang pertama yang menerbitkan buku-buku bagi anak-anak dalam berbagai bahasa lokal. Mulai dari Afrika Selatan, India, Vietnam, Laos, Kamboja Room to Read dengan memanfaatkan para seniman lokal telah sekaligus menggerakkan  perekonomian bersamaan dengan tugas mereka membudayakan literasi di negara-negara berkembang.

Room to Read telah banyak berkeliling dunia dan menggalang dana untuk kegiatannya dengan cara-cara menarik mulai dari London, California, Paris, Hongkong, Singapura hingga Dubai. Mereka melakukan banyak inovasi yang selama ini tidak dilakukan organisasi nirlaba lainnya. Dalam buku ini juga John akan berbagi cerita dan tips bagaimana ia merekrut pekerjanya (hal yang sangat membantu) dan bagaimana ia menjalankan motto mereka GSD – Get Stuff Done yang menjadikan Room to Read sebagai salah satu dari sedikit organisasi yang menerima rating empat (4) bintang dari Charity Navigator untuk manajemen fiskal yang sehat selama lima tahun berturut-turut.


Lewat buku yang telah diterbitkan dalam berbagai bahasa ini John bercerita mengenai perayaan meriah diatas ketinggian beberapa ribu kaki oleh penduduk desa Kavresthali, Nepal pada pembukaan perpustakaan yang ke-10.000 oleh tim Room to Read. Ia juga bercerita mengenai surat yang ia tulis kepada para pengendara motor yang menyerang pelajar putri di Afganisthan dengan zat asam sebagai ancaman terhadap tindakan berani mereka untuk bersekolah. John menuliskan surat itu sebagai titik baliknya ketika ia merasa terpuruk setelah kehilangan donaturnya dengan janji donasi mencapai 5 juta dollar.


Buku Membangun Ruang Baca juga akan mempertemukan kita dengan Inkham, si gadis kecil asal Laos penerima beasiswa Pendidikan Anak Perempuan dari RtR yang setiap pagi membacakan buku kepada ayah dan ibunya yang sama-sama tunawicara selepas ia menangkap ikan disungai, atau Anh yang berusia 10 tahun namun harus menanggung beban tanggung jawab atas masa depan keluarganya. Buku ini akan menginspirasi anda dalam banyak hal dan mengingatkan anda sekali lagi bahwa dengan pendidikan dan sedikit kepedulian, akan banyak cara untuk membantu mereka yang tak seberuntung kita untuk meraih hidup yang lebih baik. 

Category: Artikel PHW | Added by: ISMKIWIL3 (07.29.2014)
Views: 86 | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar
Monday, 11.19.2018, 2:55 AM
Site menu
Section categories
Artikel PHW [61]
Artikel Institusi [0]
Log In
Search
Site friends
  • Create a free website
  • uCoz Community
  • uCoz Textbook
  • Video Tutorials
  • Official Templates Store
  • Best Websites Examples
  • Statistics

    Total online: 1
    Guests: 1
    Users: 0
    Copyright MyCorp © 2018Create a free website with uCoz